Buah Yang Berbahaya Untuk Penderita Diabetes

Wednesday, November 14th, 2012 - Gaya Hidup

Buah Yang Dilarang Untuk Penderita DiabetesBuah Yang Berbahaya Untuk Penderita Diabetes – Pada dasarnya buah memiliki kandungan yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Namun, bagaimana jika Anda ataupun dengan si penderita diabetes? Amankan rasa manis yang ada didalam buah untuk mereka? Karena bagaimanapun makan buah-buahan yang manis secara berlebihan akan berakibat fatal bagi penderita diabetes.Nah untuk itu kali ini kami akan membahas mengenai buah yang berbahaya untuk penderita diabetes.

Untuk penderita diabetes memang memiliki aturan diet yang ketat dalam mengkonsumsi makanan, termasuk buah. Ada beberapa buah yang berbahaya untuk penderita diabetes, diantaranya adalah:

Melon dan semangka

Kedua buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga baik untuk mengatasi dehidrasi. Sayangnya, kandungan gula dalam keduanya cukup tinggi (Indeks glikemik mencapai 65-100 persen), sehingga sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki diabetes atau memiliki riwayat keluarga penderita diabetes untuk mengonsumsi buah ini.

Nanas

Buah yang cukup unik ini memang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah nanas juga rendah lemak sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan. Selain itu, buah ini juga mengandung bromelain, sebuah enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Mangga dan pepaya

Buah ini tentu saja menjadi favorit Anda. Meskipun rasanya tidak semanis nanas, buah mangga dan pepaya akan aman jika dikonsumsi sesekali saja. Untuk menggantikan keduanya, Anda bisa mencoba pisang. Walaupun pisang juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi (GI mencapai 55), namun pisang merupakan sumber energi yang baik.

Karena pada dasarnya buah yang manis mengandung gula buah atau fruktosa. Walaupun fruktosa digunakan sebagai bahan pemanis pengganti sehingga tidak menaikkan langsung kadar gula darah (glukosa), namun jenis hidrat arang ini pada akhirnya dapat diubah ke dalam hati menjadi gula darah dan lemak. Karena itu, penggunaan buah-buahan yang manis pada umumnya tidak boleh berlebihan.

Selain beberapa buah diatas ada juga seperti durian, pisang, sirsak dan sawo merupakan buah yang berbahaya untuk penderita diabetes karena mengandung glukosa yang tinggi. Nah, waspadalah mulai dari sekarang, karena mencegah lebih baik dari mengobati. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti ide kado untuk valentine dan mengecilkan perut gendut dengan diet

Buah Yang Berbahaya Untuk Penderita Diabetes | Berita Terkini | 4.5