Cara Mengatasi Sakit Lambung

Friday, November 16th, 2012 - Gaya Hidup

Tips Mengatasi Sakit LambungCara Mengatasi Sakit Lambung – Setelah membahas mengenai cara mendekor kamar tidur dan cara mengatasi alergi secara alami, kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi sakit lambung. Pada dasarnya gangguan pada lambung atau lebih dikenal sebagai sakit maag ditimbul karena kebiasaan pada pola hidup yang kurang baik. Seiring dengan adanya kesibukkan yang dialami maka sering kali membuat Anda menjadi terlambat untuk makan dan pekerjaan yang menumpuk akhirnya menimbulkan stres.

Walaupun penyakit yang tidak terlalu berat namun Anda tidak boleh meremehkannya. Karena jika lambung Anda sakit maka dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan sehingga bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa saja akhirnya mengganggu tubuh secara keseluruhan bila sakit yang diderita pada lambung sudah tergolong kronis.

Pada umumnya sakit lambung ini terjadi karena adanya luka atau iritasi di lapisan mukosa lambung. Sehingga dinding lambung menjadi merah bahkan mengalami bengkak, berdarah dan luka berparut. Luka juga bisa menjalar hingga ke usus dua belas jari. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya produksi asam lambung berlebihan yang mengakibatkan nyeri dan mual bagi penderitanya. Sakit maag bisa diderita oleh semua kalangan usia dan dapat kambuh kembali bila penderita melakukan pola hidup atau makan yang salah sehingga kembali memicu terjadinya luka pada lambung.

Cara mengatasi sakit lambung yang paling bagus adalah adanya kesadaran dari penderita untuk menghindari melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya sakit. Caranya adalah dengan makan tepat waktu yaitu secara teratur dan tidak berlebihan, pola hidup yang seimbang dan sehat, menjaga kebersihan dengan cuci tangan sebelum makan dan memperhatikan bahan makanan untuk menghindari jajan makanan sembarangan dan menghindari stres atau tekanan emosional lainnya.

Walaupun ada banyak ramuan tradisional untuk mengatasi sakit lambung namun dengan mengkonsumsi suatu obat tertentu untuk bisa mengatasi sakit juga dapat dijadikan alternatif pilihan yang tepat dan praktis karena lebih dimungkinkan untuk bisa selalu dibawa. Anda juga harus memperhatikan kandungan yang ada pada obat tersebut. Kandungan pada obat maag haruslah yang sesuai dengan kebutuhan untuk penyembuhan lambung secara efektif.

Konsumsi obat maag harus disesuaikan dengan dosis dan kandungan yang tepat serta diperhatikan adanya efek samping terhadap penderita penyakit tertentu. Selain itu beberapa keluhan sakit lambung juga diakibatkan oleh gastritis atau radang lambung sehingga dibutuhkan pengobatan yang lebih tepat. Untuk cara mengatasi sakit lambung secara alami adalah:

  • Siapkan 2 jari tangan kunyit cuci hingga bersih.
  • Kunyit diparut dan ditambah air matang.
  • Lalu diperas melalui kain bersih.
  • Hasil perasan didiamkan dan diambil air beningnya, atau bisa juga langsung diminum.
  • Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Demikian cara mengatasi sakit lambung, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Cara Mengatasi Sakit Lambung | Berita Terkini | 4.5