Cara Mengatasi Stress

Monday, August 20th, 2012 - Gaya Hidup

Cara Mengatasi Stress – Dengan rutinitas yang padat, ada kalanya Anda mengalami stress. Pada umumnya jika Anda sudah mengalami stress maka akan menganggu beberapa pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Nah tahukah Anda bagaimana cara mengatasi stress itu sendiri. Kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi stress, diantaranya adalah:

1. Bersyukur

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi stress adalh dengan bersyukur. Karena pada umumnya orang stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.

2.Berpikir Positif

Dengan berpikir positif atau optimisme maka akan menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan Anda. Usahaka untuk berteman dengan orang-orang yang selalu berpikir positif. Karena jika Anda mendapatkan energi negatif dari teman-teman dan rekan kerja maka akan semakin sulit bagi Anda untuk bersantai.

3. Tidur

Memang aktivitas ini dapat dikatakan yang paling efektif. Karena dengan tidur yang nyenyak maka dapat menurunkan tingkat stress yang Anda alami. Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan Anda. Namun jika Anda tidur berlebihan maka juga fspst meningkatkan tingkat stres dalam tubuh Anda.

4. Tertawa

Tertawa merupakan relaksasi bagi tubuh Anda. Tertawa juga dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Cobalah untuk menemukan humor dalam berbagai hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda tertawa dapat berfungsi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

5. Olahraga

Dengan olahraga maka dapat merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda untuk siap menghadapi apa pun.Dengan olahraga yang teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, namun juga dapat membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin.

6. Meditasi

Meditasi merupakan hal yang bagus untuk menghilangkan stres, namun juga dapat merelaksasikan otot Anda. Berdasarkan penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

7. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik favorit juga salah satu metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan. Karena pada dasarnya musik dapat menenangkan dan memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Musik juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung.

8. Anda dapat melibatkan indera Anda

Relaksasi juga dapat Anda gunakan dengan aroma tertentu atau lebih dikenal dengan aroma therapy. Aroma ini dapat memiliki efek, menenangkan relaksasi pada keadaan pikiran Anda. Anda dapat mencoba menempatkan lilin lavender, lemon atau chamomile beraroma di sekitar rumah atau kantor Anda. Anda juga dapat menggunakan salah satu dari aroma di kamar mandi Anda.

9. Minum teh hijau

Kandungan asam amino yang terdapat didalam teh hijau dapat membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi hindari minuman berkafein.

10. Pemijatan

Pemijatan seluruh tubuh juga dapat membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. Relaksasi juga dapat dilakukan dengan pemijatan sehingga dapat menenangkan Anda.

Demikian cara mengatasi stress, Anda juga dapat membaca  tips sehat ala Rasulullah yang alami dan manfaat daun pepaya

Cara Mengatasi Stress | Berita Terkini | 4.5