Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Monday, April 30th, 2012 - Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara AlamiCara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami –  Banyak cara yang digunakan untuk mengatasi masalah bau badan. Karena apabila Anda memiliki masalah dengan bau badan maka akan menyebabkan kehilangan rasa percaya diri apabila bertemu dengan banyak orang. Lalu bagaimanakah dengan Anda?Apakah Anda juga mengalami hal tersebut?

Bau badan identik dengan kurangnya menjaga kebersihan badan. Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menghilangkan masalah bau badan tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan produk penghilang bau badan, ada yang berbentuk cairan maupun gel. Namun berdasarkan pengalaman banyak orang diketahui bahwa bau badan tersebut akan timbul lagi apabila kita tidak sering mengoleskannya lagi. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya masalah bau badan ini diantaranya adalah:

  • Asam propionat atau asam propanoat yang berbau seperti cuka dan merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia dewasa dan remaja.
  • Asam isovalerik yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermidis, yang menyebarkan bau seperti keju

Berikut adalah cara menghilangkan bau badan secara alami:

  1. Mentimun – Caranya dengan menempelkan irisan mentimun di tempat yang peling menyebabkan bau badan
  2. Daun sirih – Rebuslah daun sirih tersebut kira-kira 1 gelas dan diminum dalam 1 hari.
  3. Daun kemangi – Usahakan untuk makan daun kemangi minimal 7 daun/hari.
  4. Meminum segelas air putih di waktu pagi hari, terutama disaat anda bangun tidur dimana kondisi perut masih kosong.
  5. Baking soda – Taburkan baking soda pada tempat dimana menimbulkan bau yang tidak sedap seperti pada ketiak dan kaki.
  6. Sari cuka apel – banyak manfaat dari sari suka ini diantaranya dapat mengurangi pH kulit dan menghilangkan bau ketiak. Caranya dengan mencampur sari cuka apel tersebut dengan segelas air dan digunakan untuk membilas ketiak sehabis anda mandi.
  7. Memperbaiki pola makan sehari-hari. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang dapat memicu keringat berlebih seperti makanan pedas dan panas.
  8. Mengurangi minuman yang mengandung caffein seperti kopi.
  9. Mandilah secara teratur. Setidaknya anda harus mandi tiga kali sehari untuk menghilangkan keringat yang cenderung lebih banyak.
  10. Menghindari makanan olahan seperti minyak terhidrogenasi dan makanan olahan lainnya. Sebaiknya makan makanan yang mengandung banyak serat seperti biji-bijian, gandum, produk kedelai dan sayuran berdaun hijau.
  11. Sebaiknya pilihlah pakaian berbahan katun, karena pakaian jenis ini dapat menyerap keringat lebih banyak sehingga tidak segera bercampur dengan bakteri yang menyebabkan bau. Namun apabila anda sering berkeringat sebaiknya seringlah ganti baju.
  12. Apabila anda ingin menggunakan diodoran, sebaiknya memakai diodoran yang berbentuk spray.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami | Berita Terkini | 4.5