Ciri Ciri Kanker Rongga Mulut

Tuesday, November 13th, 2012 - Gaya Hidup

Mengetahui Ciri kanker-rongga-mulutCiri Ciri Kanker Rongga Mulut – Jika Anda mendengar istilah kanker tentunya menjadi suatu momok yang mengerikan. Oleh karena itu sedini mungkin Anda harus mengetahui berbagai jenis kanker yang dapat menyerang tubuh manusia. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ciri ciri kanker rongga mulut.

Pada dasarnya kanker rongga mulut merupakan keganasan yang sering didapatkan yaitu 2-5 % dari seluruh keganasan. Dimana jika dihitung dari segi prosentase nampaknya kanker ini memiliki keganasan sekitar 40 % dari keganasan yang ada di leher dan kepala. Dimana memiliki angka kematian sekitar 2-3 % dari seluruh kematian akibat keganasan. Usia yang paling sering terkena adalah antara 50-70 tahun. Paling sering menyerang lidah 2/3 depan, dan dasar mulut.

Pada daerah tertentu didapatkan adanya hubungan tingginya angka kejadian atau insidensi kanker ini dengan kebiasaan sehari-hari yaitu antara lain merokok, minum alkohol, mengunyah sirih dan lain-lain. Ada dua faktor predisposisi atau faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya kanker rongga mulut yaitu :

  1. faktor intrinsik atau dari dalam yaitu genetik dan imunologi
  2. faktor ekstrinsik atau faktor dari luar yaitu merokok, peminum alkohol, menyirih.

Angka resiko terkena kanker rongga mulut akan meningkat bila ada gabungan antara faktor-faktor diatas. Selain itu kebersihan mulut yang kurang baik juga dapat membantu meningkatkan resiko tersebut dengan adanya iritasi atau peradangan kronis. Sebenarnya pada stadium awal, pada kanker jenis ini dapat ditandai dengan adanya lesi atau kelainan pra kanker yaitu yang berbentuk bercak putih pada mukosa atau lapisan dalam rongga mulut berupa pengerasan, yang disebut leukoplakia , dimana pada kelainan ini 6-10 persen akan menjadi kanker rongga mulut.

Sebenarnya pada stadium awal, pada kanker jenis ini dapat ditandai dengan adanya lesi atau kelainan pra kanker yaitu yang berbentuk bercak putih pada mukosa atau lapisan dalam rongga mulut berupa pengerasan, yang disebut leukoplakia , dimana pada kelainan ini 6-10 persen akan menjadi kanker rongga mulut.

Selain itu dapat juga berupa bercak merah seperti sariawan yang tidak sembuh-sembuh yang disebut eritoplakia, dimana kelainan ini 90 persen akan menjadi kanker rongga mulut. Pada umumnya ciri ciri kanker rongga mulut akan memiliki keluhan seperti :

  • Benjolan
  • Nyeri
  • Tukak atau borok
  • Benjolan di leher

Jika si penderita datang berobat dan ternyata sudah keterlambatan, hal ini biasanya disebabkan karena ketidaktahuan penderita sendiri. Hal ini didasari karena ketidak tahuan, rasa takut berobat atau tidak ada biaya. Namun keterlambatan juga dapat disebabkan karena dokternya, akibat dokter tak mengenali gejalanya atau malu mengkonsultasikannya. Akibat keterlambatan ini menyebabkan terjadinya penyebaran lokal maupun penyebaran jauh.

Demikian beberapa ciri ciri kanker rongga mulut, semoga Anda dapat mewaspadainya sedini mungkin dengan mengetahui ciri ciri kanker rongga mulut. Anda juga dapat membaca cara menatasi sakit pada telapak kaki dan tips cara memutihkan kulit

Ciri Ciri Kanker Rongga Mulut | Berita Terkini | 4.5