Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Tuesday, July 10th, 2012 - Gaya Hidup

contoh makanan sehat untuk ibu hamilMakanan sehat untuk ibu hamil – Bagi ibu hamil, memperhatikan makanan yang dikonsumsinya dalah suatu kewajiban. Karena dengan makanan sehat untuk ibu hamil dapat menjaga kandungan gizi yang diperoleh bagi si jabang bayi. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

  1. Ibu Hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat – Dengan menkonsumsi karbohidrat seperti nasi putih,  roti, jagung, sagu dan kentang dipercaya dapat menambah energi untuk kekuatan fisik ibu hamil. Namun ingat konsumsi karbohidrat sesuai dengan porsinya.
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Protein yang tinggi didapat dari susu. Nah bagi ibu hamil, tentunya kebutuhan akan protein tentunya akan meningkat. Sebaiknya bagi ibu hamil jangan sampai kekurangan protein karena akan berakibat pada gangguan pertumbuhan bagi janin dalam kandungan. Protein dapat dihasilkan dari kacang polong, telur, susu, daging dan kedelei. Selain itu tempe juga memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi.
  3. Mengkonsumsi makanan yang banyak sayurannya – Sayuran yang baik untuk ibu hamil adalah sayuran hijau. Dimana kandungan didalam sayuran hijau mengandung vitamin A, B, C,  D,  E juga vitamin K. Selai itu untuk meningkatkan kandungan ASI,  disarankan Ibu hamil untuk mengkonsumsi daun katuk. Daun katuk disini dapat bermanfaat untuk kelancaran Asi kelak jika menyusui bayinya.
  4. Mengkonsumsi kalsiumBagi ibu hamil manfaat kalsium sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Karena jika si janin kekurangan kalsium maka akan berakibat tidak baiknya pertumbuhan. Anda dapat memperoleh kalsium dari makanan seperti jagung muda, udang atau kepiting misalnya. Selain itu banyak sekali jenis seafood yang bagus jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena seafood sangat baik untuk pertumbuhan otak bayi dan menghasilkan anak yang sehat dan cerdas kelak.
  5. Ibu hamil disarankan untuk makan buah buahan segar – buah-buahan segar disii bagi ibu hamil dapat digunakan sebagai anti oksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh bagi ibu hamil maupun untuk janinnya. Anda dapat memakannya secara langsung ataupun Anda dapat membuat jus dari buah-buahan jika bosan.
  6. Perbanyak meminum airDimasa kehamilan, ibu hamil akan banyak membutuhkan lebih banyak membutuhkan asupan air kedalam tubuh. Sehingga biasanya pada masa kehamilan akan lebih sering buang air kecil dan lebih berkeringat dari hari biasa saat tidak hamil. Bila minum air putih terlalu banyak terasa mual, bisa digantikan dengan buah yang dibuat jus, lebih segar dan tidak terasa hambar.

Semoga beberapa makanan sehat untuk ibu hamil diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti Tips Merawat Wajah Rekomendasi Para Ahli dan Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil | Berita Terkini | 4.5