Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Thursday, April 26th, 2012 - Gaya Hidup

sisi lain kanker serviksPenyebab dan Gejala Kanker Serviks – pada umumnya kanker serviks disebabkan oleh adanya virus HPV (Human Papilloma Virus). Dimana virus ini memiliki lebih dati 100 tipe, namun sebagian besar tidak terlalu berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Namun virus ini dapat menjadi infeksi persisten yang dapat berkembang menjadi kanker serviks. HPV 16 dan 18 adalah jenis virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks. Hampir 70% sebagai penyumbang terbesar kanker serviks ini.

Selain virus HPV tadi, ada faktor lainnya yaitu adanya sel-sel yang abnormal di leher rahim. Sel-sel tersebut juga ikut andil tumbuh di leher rahim karena adanya radiasi atau penggunaan bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Beberapa hal yang perlu diketahui dengan adanya virus HPV ini adalah:

  • Virus HPV ini dapat bertahan dalam suhu yang panas sekalipun
  • Virus HPV ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, terutama apabila sering berganta-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital. Karena penggunaan kondom pada saat hubungan intim tidak terlalu berpengaruh untuk mencegah penularan virus HPV. Karena, virus ini tidak hanya menular melalui cairan namun juga dapat berpindah melalui sentuhan kulit.
  • Penularan virus ini dapat terjadi walaupun tidak melakukan hubungan seksual.
Terdapat beberapa gejala Kanker Serviks diantaranya adalah:
  • Pada umumnya apabila terjadi infeksi HPV dan kanker serviks stadium dini muncul tanpa  menimbulkan gejala sedikitpun sehingga bagi penderita masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari.
  • Apabila telah dilakukan pemeriksaan maka akan dideteksi secara dini ditemukan sel-sel serviks yang tidak normal atau lebih disebut dengan lesi prakanker.
  • Jika kanker sudah dalam progresifitas atau stadium lanjut maka terdapat beberapa gejala-gejala yang timbul antara lain:
    1. Terjadinya pendarahan setelah senggama.
    2. Penurunan berat badan secara drastis
    3. Terjadinya pendarahan diluar siklus menstruasi yang normal.
    4. Timbulnya keputihan yang bercampur dengan darah dan berbau.
    5. Nyeri panggul dan gangguan atau bahkan tidak bisa buang air kecil, apabila kanker sudah mencapai panggung.
    6. Timbul nyeri ketika berhubungan seksual.
    7. Terdapat hambatan dalam mengeluarkan air kecil dan diikuti dengan pembesaran ginjal.
Terdapat beberapa tips untuk mencegah dan mengobati kanker serviks. Apabila anda sudah terserang virus ini maka segera menghubungi dokter.
Penyebab dan Gejala Kanker Serviks | Berita Terkini | 4.5