Tahapan Munculnya Jerawat

Wednesday, September 12th, 2012 - Gaya Hidup

 

fase munculnya jerawatTahapan Munculnya Jerawat – Banyak orang tidak merasa bahwa pada dasarnya jerawat itu ada tahapannya. Ada beberapa tahapan munculnya jerawat. Berikut adalah tahapan munculnya jerawat, diantaranya adalah:

Tahap 0

Pada tahap akan muncul tanda-tanda kecil dari jerawat. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menghawatirkannya. Jika dalam kondisi 1-2 hari dapat hilang, maka berpuaslah Anda. Namun ada tanda bahwa jerawat tersebut akan membesar maka itu adalah jerawat yang dapat mengganggu kepercayaan diri Anda..

Tahap 1
Di tahap ini merupakan tahapan awal dari jerawat, dimana pada umumnya akan diawali munculnya komedo (whitehead). Akan terlihat beberapa bintik putih di wajah terutama di ujung hidung, sudut hidung dan bawah bibir. Memang kondisi ini pada umumnya tidak menyebabkan peradangan, namun beberapa hari kemudian akan timbul titik hitam di daerah tersebut. Jika Anda mencoba menghilangkannya dengan cara tidak steril, maka akan ada kesempatan bagi jerawat untuk berkembang lebih lanjut.

Tahap 2
Akan nampak peradangan ringan yang biasanya disertai dengan papula. Papula adalah lesi (luka) kulit yang sedikit membesar tapi dalam ukuran kecil dan padat. Kondisi ini juga dikenal dengan jerawat ringan, jika bisa diberikan pengobatan yang baik maka bisa mengendalikan jerawat.

Tahap 3
Di tahap ke3 ini maka papula pada kulit sudah mulai berkembang dan terlihat meradang. Pengobatan ini biasanya harus membutuhkan bantuan medis.

Tahap 4
Di tahap ini maka jerawat yang muncul sudah berubah menjadi pastules. Dimana pada umunya pastules ini akan berisi nanah, terlihat meradang dan ada semacam tip putih. Jangan terburu-buru untuk memencetnya secara sembarangan.

Tahap 5
Apabila Anda tidak segera mengatasi masalah kulit yang terjadi maka akan semakin memperparah keadaan. Dimana gumpalan (nodule) akan mulai muncul pada tahap ini. Pastules yang ada lebih berkembang di wajah yang berisi nanah, sel-sel kulit mati, sel darah putih, bakteri dan sebum. Gumpalan yang meradang ini bisa meluas ke bagian kulit yang lebih dalam dan menyebabkan rasa sakit. Jika sudah mencapai kulit yang dalam, maka bisa menyebabkan parut.

Tahap 6
Pada tahap ini kulit akan terlihat memerah dan darah bisa muncul dari jerawat ini jika timbul luka. Tahap ini mengakibatkan infeksi dan meningkatkan potensi jerawat berikutnya.

Tahap 7
Nampaknya ditahap ini Anda memerlukan bantuan obat. Dimana obat ini berfungsi untuk membantu membersihkan semua gumpalan (bintil) dan jerawat yang mengandung nanah. Yang perlu menjadikan catatan adalah pengobatan ini dilakukan oleh seorang dermatolog agar jerawat lebih terkendali dan tidak berkembang lebih lanjut.

Tahap 8
Tahapan penyembuhan jerawat, biasanya jerawat akan meninggalkan bekas luka atau titik bekas jerawat. Untuk menghilangkannya Anda memerlukan perawatan khusus terhadap bekas luka jerawat untuk menghindari jaringan parut permanen.

 Demikian tahapan munculnya jerawat. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti trik dan tips agar anak mau makan dan mengecilkan perut gendut dengan diet

 

Tahapan Munculnya Jerawat | Berita Terkini | 4.5