Tips Belanja Hemat dan Cerdas Sesuai Kebutuhan

Wednesday, November 21st, 2012 - Gaya Hidup

Cara Berbelanja Hemat dan CerdasTips Belanja Hemat dan Cerdas Sesuai Kebutuhan – Kebutuhan berbelanja memang identik dengan wanita. Karena pada umumnya jika sudah berbelanja kaum hawa ini seperti kalap, apalagi jika ada moment diskon time di pusat-pysat perbelanjaan. Namun pada umumnya jika uang mereka sudah habis banyak, baru akan menyesal. Bah kali ini kami akan membahas mengenai tips belanja hemat dan cerdas sesuai kebutuhan, diantaranya adalah:

  • Rencanakan apa yang akan Anda beli. Buatlah daftar belanja terlebih dahulu, hal ini bukan saja dapat memperkirakan biaya yang akan Anda keluarkan tetapi juga akan membuat belanja Anda lebih efektif dan efisien. Dan yang terpenting pegang teguh daftar belanja tersebut agar tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang kurang bermanfaat.
  • Anda harus menetapkan waktu berbelanja secara teratur. Belanjalah berdasarkan kebutuhan, jangan berbelanja berdasarkan keinginan.
  • Hindari berbelanja di minimarket karena harganya biasanya bisa lebih mahal. Barang yang tersedia di minimarket biasanya juga kurang lengkap. Untuk itu belanjalah di pusat perkulakan agar anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan memperoleh pilihan yang lebih beragam.
  • Jangan gampang memutuskan untuk membeli dalam jumlah banyak suatu barang karena sedang ada diskon. Yang perlu Anda ingat adalah diskon atau potongan harga dibuat supaya orang membeli. Bila Anda sedang tidak membutuhkan barang diskonan tersebut, tapi membeli dalam jumlah banyak hanya karena sedang ada diskon, maka untuk apa dibeli, hanya akan mubazir saja.
  • Sebelum anda berbelanja, ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Dalam hal ini anda bisa melakukan riset di tempat belanja yang memberi harga paling murah serta sering menawarkan promosi.
  • Anda dapat membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak. Jika anda membeli barang di tempat yang tepat, biasanya anda bisa memperoleh potongan harga yang cukup lumayan. Namun untuk melakukan hal ini tentunya anda juga perlu memperhatikan cash flow anda.
  • Jika anda tidak tahan dengan godaan yang ada, ingat kembali mengenai prinsip “spend less to save more”. Jadi semakin banyak uang yang bisa anda tabung, maka semakin banyak uang yang bisa anda simpan yang tentu saja anda bisa mencapai tujuan keuangan anda.
  • Bandingkan harga barang yang ingin Anda beli. Sangat mungkin untuk barang yang sama memiliki harga yang berbeda di tempat yang berbeda pula. Jadi jangan segan-segan untuk membandingkan harga suatu barang di supermarket yang satu dengan supermarket yang lain, tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang termurah.
  • Jangan terburu-buru dalam berbelanja, terutama untuk barang-barang yang mendapat potongan harga. Untuk produk pakaian, Anda harus perhatikan baik-baik kondisinya, apakah ada cacat atau jahitan yang sobek. Sedangkan untuk produk makanan, yang harus Anda perhatikan adalah tanggal kadaluarsa sehingga aman untuk dikonsumsi.
  • Cobalah untuk konsisten dengan daftar belanja yang telah Anda susun sebelumnya. Jangan tergoda untuk membeli barang lain di luar daftar belanja yang ada. Anda dapat mengajak keluarga atau teman saat berbelanja, sehingga mereka dapat mengingatkan Anda untuk mengerem nafsu belanja.
  • Lebih banyak mempelajari tentang variasi diskon dan penawaran harga, sehingga Anda akan lebih pintar dan tidak akan salah dalam melakukan pembelian. Jangan sampai Anda terjebak dalam diskon itu sendiri.
    Contohnya harga barang dengan diskon 50% + 20%. Pertanyaannya berapakah diskonnya? Rp 100.000 didiskon dulu 50% sehingga menjadi Rp 50.000. Setelah itu, Rp 50.000 didiskon lagi 20% menjadi Rp 40.000. Ini berarti diskonnya 60% bukan 70%.

Demikian tips belanja hemat dan cerdas sesuai kebutuhan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Anda juga dapat membaca tanda dan ciri kebohongan cewek kepada cowok dan tipe pria ideal idaman wanita

Tips Belanja Hemat dan Cerdas Sesuai Kebutuhan | Berita Terkini | 4.5